Bioma Dan Jenis Tumbuhan Kutub

Bioma dan Jenis Tumbuhan Kutub

Diantara daerah di bumi kita ini, ada suatu daerah yang sangat cuek dan unik yang hampir seluruh daratannya yaitu es yang membeku, yaitu daerah kutub. Hampir dalam segala hal kutub merupakan hal yang Ekstrim . Salah satunya yaitu Antartika yang merupakan kutub pecahan selatan bumi. Tanah hijau dan lembaran-lembaran es Antartika yaitu gurun beku yang tidak memengku kehidupan selain spora yang tidak kasat mata. Akan tetapi, dengan kondisi alam yang ekstrim itu masih ada beberapa tumbuhan yang sanggup bertahan hidup di  daerah kutub. di kutib terdapat 2 bioma yang sanggup hidup yaitu bioma Tundra dan bioma Taiga.

BIOMA TUNDRA
Pada Bioma ini, Memiliki demam isu cuek yang sangat panjang (ekstrem). Bioma mencakup daerah-daerah yang terletak bersahabat dengan kutub utara dan di dalamnya tidak ditemukan pohon, didominasi oleh lumut-lumutan, rumput-rumputan, dan perdu. Bioma tundra terdapat di belahan bumi sebelah utara di dalam bundar kutub utara dan terdapat di puncak-puncak gunung tinggi. Pertumbuhan tumbuhan di daerah ini hanya 60 hari. Contoh tumbuhan yang lebih banyak didominasi yaitu Sphagnum, liken, tumbuhan biji semusim, tumbuhan kayu yang pendek, dan rumput. Pada umumnya, tumbuhannya bisa menyesuaikan diri dengan keadaan yang dingin. Hewan yang hidup di daerah ini ada yang menetap dan ada yang tiba pada demam isu panas, semuanya berdarah panas. Hewan yang menetap mempunyai rambut atau bulu yang tebal, misalnya muscox, rusa kutub, beruang kutub, dan insekta terutama nyamuk dan lalat hitam. Ciri-ciri bioma tundra yaitu :

Mendapat sedikit energi radiasi matahari, demam isu cuek sangat panjang sanggup berlangsung selama 9 bulan dengan suasana gelap.
Musim panas berlangsung selama 3 bulan, pada masa inilah vegetasi mengalami pertumbuhan.
Fauna khas bioma tundra yaitu “Muskoxem” (bison berhulu tebal) dan Reindeer/Caribou (rusa kutub).

BIOMA TAIGA
Bioma taiga terdapat di belahan bumi sebelah utara dan di pegunungan daerah tropik atau terletak di selatan tundra, yaitu di antara daerah beriklim sedang dengan kutub ibarat di daerah Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska dan Kanada. Bioma ini disebut pula bioma dengan hutan berawa atau hutan boreal. Ciri-ciri bioma taiga yaitu :

Perbedaan suhu di demam isu cuek dan panas sangat mencolok, di demam isu cuek sanggup mencapai di bawah 00F dan di demam isu panas sanggup mencapai 900F atau lebih.
Pertumbuhan tumbuhan terjadi pada demam isu panas yang berlangsung antara 3 hingga 6 bulan.
Flora khasnya yaitu pohon berdaun jarum/pohon konifer, pola pohon konifer yaitu Pinus merkusii (pinus). Keanekaragaman tumbuhan di bioma taiga rendah, vegetasinya nyaris seragam, lebih banyak didominasi pohon-pohon konifer sebab nyaris seragam, hutannya disebut hutan homogen. Tumbuhannya hijau sepanjang tahun, meskipun dalam demam isu cuek dengan suhu sangat rendah.
Fauna yang terdapat di daerah ini yaitu beruang hitam, ajak, srigala dan burung-burung yang bermigrasi kedaerah tropis jikalau demam isu cuek tiba. Beberapa jenis binatang ibarat bajing dan mammalia kecil lainnya bisa berhibernasi pada dikala demam isu dingin.


Jenis - Jenis Tumbuhan Kutub

Tumbuhan yang bisa  hidup di kutub sangat terbatas jenisnya. Berikut beberapa pola jenis - jenis tumbuhan yang bisa hidup di kutub.

LICHEN TUA
Di kedua daerah kutub, tumbuhan yang  paling berhasil  tumbuh yaitu  LUMUT , LICHEN , dan ALGA.   Ada lebih dari 400 jenis LICHEN di Antartika.  Beberapa di antaranya berusia sekitar 10.000 tahun .  Ukurannya sangat kecil sebab LICHEN tumbuh sangat lambat dalam kondisi dingin. 

SEMAK WILLOW 
Pepohonan tinggi tidak sanggup hidup di tundra, namun SEMAK WILLOW arktik bertahan hidup dengan merambat di tanah.  Tinggi cabangnya tidak pernah melebihi dari 10 cm dari tanah, namun panjangnya lebih dari 5 m. Pucuk dan daunnya mengandung vitamin C lebih banyak dari buah jeruk.


BUNGA POPPY 
Bentuk BUNGA POPPY  arktik ibarat mangkuk. Bentuk tersebut berfungsi ibarat piringan pemantul untuk memfokuskan cahaya matahari ke tengah bunga.  Bunga itu juga tumbuh mengikuti arah matahari.  Kedua bentuk pembiasaan ini membantu menjaga biji tetap hangat sehingga BUNGA POPPY sanggup berkembang cepat sebelum cahaya matahari demam isu panas menghilang.  BUNGA POPPY arktik tumbuh rendah dan bergerombol ,  seperti kebanyakan tumbuhan kutub.


TUMBUHAN PEMAKAN DAGING 
Tumbuhan SANDEW memperoleh nutrisi pelengkap dengan menjebak serangga memakai daunnya yang lengket.  Daunnya ditutupi oleh rambut khusus yang meneteskan cairan lengket di pecahan ujung.  Serangga yang tertarik pada cairan berkilau itu akan terjebak pada rambut - rambut yang lengket.  Daun SANDEW lalu perlahan mencengkram badan serangga dan rambut khususnya mengeluarkan cairan pencerna yang mengubah badan serangga menjadi ibarat sup.  Lalu tumbuhan itu menyerap sup serangga.  Kurang lebih sehari kemudian,  yang tersisa dari serangga hanya kulit yang kering dan kosong.

Belum ada Komentar untuk "Bioma Dan Jenis Tumbuhan Kutub"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel