Morfologi Flora Wortel Sejenis Umbi Akar

Wortel merupakan flora umbi umbian yang termaksud sejenis umbi akar. Berasal dari Afghanistan, wortel yaitu sumber gizi dan vitamin yang luar biasa besarnya bagi kita untuk beta carotene, zat yang berfungsi sebagai antioksidan dan juga sanggup dikonversikan oleh badan menjadi vitamin A.

Tanaman wortel mempunyai struktur batang yang pendek, serta akar yang berakar tunggang sanggup berubah bentuk menjadi lingkaran dan disebut dengan umbi. Umbi wortel ini tampak berwarna kuning kemerah-merahan, yang berarti mengandung tinggi senyawa karoten dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Berikut ini pembagian terstruktur mengenai wortel :

Devisio           :   Spermatophyta
Sub devisio    :   Angiospermae
Kelas              :   Dicotyledon
Ordo              :   Umbelliferales
Family           :   Umbelliferae
Genus            :   Daucus
Species           :   Daucus carota L

Secara keseluruhan tumbuhan wortel paling berguna yaitu bab umbinya.Tanaman wortel banyak ragamnya, tetapi kalau dilihat bentuk umbinya ada 3 golongan, yaitu :

  • Tipe Chantenay, berbentuk lingkaran panjang dengan ujung yang tumpul.
  • Tipe Imperator, berbentuk lingkaran panjang dengan ujung runcing.
  • Tipe Nantes, merupakan tipe campuran antara imperator dan chantenay.


Morfologi Tanaman Wortel.

Daun
Daun wortel bersifat beragam menyirip ganda dua atau tiga, belum dewasa daun berbentuk lanset (garis-garis). Setiap tumbuhan mempunyai 5-7 tangkai daun yang berukuran agak panjang. Tangkai daun kaku dan tebal dengan permukaan yang halus, sedangkan helaian daun lemas dan tipis.

Batang.
Batang tumbuhan wortel sangat pendek sehingga hampir tidak nampak, batang bulat, tidak berkayu, agak keras, dan berdiameter kecil (sekitar 1-1,5 cm). Pada umumnya batang berwarna hijau tua. Batang tumbuhan tidak bercabang, namun ditumbuhi oleh tangkai daun yang berukuran panjang, sehingga kelihatan mirip bercabang.

Akar.
Tanaman wortel mempunyai sistem perakaran tunggang dan serabut. Dalam pertumbuhannya akar tunggang akan mengalami perubahan bentuk dan fungsi menjadi daerah penyimpanan cadangan makanan. Bentuk akar akan bermetamorfosis besar dan lingkaran memanjang, hingga mencapai diameter 6 cm dan panjang hingga 30 cm, tergantung varietasnya. Akar tunggang yang telah berubah bentuk dan fungsi inilah yang sering disebut atau dikenal sebagai “Umbi Wortel”.

Bunga.
Bunga tumbuhan wortel tumbuh pada ujung tanaman, berbentuk payung berganda, dan berwarna putih atau merah jambu agak pucat. Bunga mempunyai tangkai yang pendek dan tebal. Kuntum-kuntum bunga terletak pada bidang yang sama. Bunga wortel yang telah mengalami penyerbu kan akan menghasilkan buah dan biji-biji yang berukuran kecil dan berbulu (Cahyono, 2007 dalam (Keliat, 2008)).

Umbi.
Wortel merupakan tumbuhan sayuran umbi semusim, berbentuk semak yang sanggup tumbuh sepanjang tahun, baik pada isu terkini hujan maupun kemarau. Batangnya pendek dan berakar tunggang yang fungsinya bermetamorfosis lingkaran dan memanjang. Warna umbi kuning kemerah-merahan, mempunyai karoten A yang sangat tinggi, Umbi wortel juga mengandung vitamin B, Vitamin c dan mineral (setiawan, 1995dalam (Pohan, 2008)).

Cahyono (2002) dalam (Rini, 2010) menyampaikan bahwa pada awalnya hanya dikenal beberapa varietas wortel, namun dengan berkembangnya peradaban insan dan teknologi, ketika ini telah ditemukan varietas-varietas gres yang lebih unggul dari pada generasi-generasi sebelumnya. Varietas-varietas wortel terbagi menjadi tiga kelompok yang didasarkan pada bentuk umbi, yaitu tipe Imperator, Chantenay, dan Nantes.

Tipe Imperator mempunyai umbi berbentuk lingkaran panjang dengan ujung runcing (menyerupai kerucut), panjang umbi 20-30 cm, dan rasa yang kurang elok sehingga kurang disukai oleh konsumen.
Tipe Chantenay mempunyai umbi berbentuk lingkaran panjang dengan ujung tumpul, panjang antara 15-20 cm, dan rasa yang elok sehingga disukai oleh ko

Belum ada Komentar untuk "Morfologi Flora Wortel Sejenis Umbi Akar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel