Contoh Jenis Dan Macam Tumbuhan Gurun Pasir

Tumbuhan Yang hidup di Padang Pasir / Gurun Pasir

Tumbuhan gurun
Jumlah dan jenis tumbuhan bervariasi sesuai dengan tempat gurun berada. Rumput pendek sanggup ditemukan di hampir semua gurun. Tanaman gurun termasuk semak-semak, semak-semak creosote dan kaktus. Para Saguaro (katakanlah Suh-hwah-roe) kaktus hanya ditemukan di gurun Sonora Amerika Utara dan spinifex ditemukan di gurun Australia.

Penyesuaian / Adaptasi Tumbuhan
Tanaman gurun harus menyebarkan cara-cara yang berbeda dalam pengambilan air untuk bertahan hidup di habitatnya. Perubahan ini disebut adaptasi. Sebuah pembiasaan umum pengembangan cara untuk menyimpan air dalam akar, batang, daun atau buah. Tanaman yang menyimpan air dengan cara ini disebut sukulen, salah satunya yaitu kaktus. Beberapa tumbuhan telah menyebarkan akar yang sangat panjang yang pergi jauh ke dalam tanah untuk mencapai air bawah tanah. Lainnya telah menyebarkan penyebaran sistem akar berbaring sempurna di bawah permukaan dan peregangan secara luas. Hal ini memperlihatkan banyak akar tumbuhan kecil yang menangkap air dikala hujan.

Tumbuh – tumbuhan tersebut yang sanggup tumbuh didaerah padang gurun diantarannya kaktus dan kutikula. Kaktus sanggup hidup didaerah kering dikarenakan sanggup menyimpan banyak air didalam batangnya dan daunnya yang menyempit menjadi duri. Lalu, kutikula ialah tumbuhan yang tebal dan mempunyai akar yang panjang. Sedangkan binatang yang bisa tumbuh diarea padang gurun menyerupai unta yang sanggup menyimpan air dalam tubuhnya. Tikus, ular, dan kalajengking juga sanggup hidup didaerah ini tetapi hanya aktif pada pagi hari, dan bila pada siang hari mereka akan berlindung dari panas terik matahari di lubang-lubang yang telah mereka buat.


Berikut beberapa jenis Tumbuhan yang ada di gurun :

Ciri-ciri tumbuhan gurun biasanya mempunyai akar panjang yang turun ke bawah tanah. Hal ini berfungsi untuk menyerap air tanah di kedalaman. Selain itu, tumbuhan gurun juga berdaun kecil untuk mengurangi penguapan.

Pohon kurma.
Kurma bila ditanam di tanah berpasir akan menghasilkan buah yang anggun dan akhirnya melimpah.



Thyme
Tumbuhan ini mengeluarkan basi harum dari seluruh tubuhnya. Jika dikeringkan basi harumnya justru bertambah kuat. Walau dipanaskan pun, harumnya tidak akan hilang.



Mugwort
Tumbuhan ini mengandung materi yang sanggup meredakan rasa sakit. Sangat baik untuk obat tiba bulan wanita.



Akasia padang gurun
Akasia ini ternyata mempunyai akar yang bisa menembus sampai 50 meter ke dalam tanah untuk menyerap air. Akar ini dipenuhi duri, sehingga bisa dipakai sebagai perangkap binatang buruan.





Kaktus
Kaktus yaitu nama yang diberikan untuk anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus sanggup tumbuh pada waktu yang usang tanpa air. Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Kata jamak untuk kaktus yaitu kakti. Kaktus mempunyai akar yang panjang untuk mencari air dan memperlebar perembesan air dalam tanah. Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga mempunyai daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga sanggup mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh lantaran itu, kaktus sanggup tumbuh pada waktu yang usang tanpa air.



Semak Creosote
Semak creosote  dinamai demikian lantaran aromanya. Tumbuhan ini tumbuh ketika menerima area yang lapang di sekitarnya. Akarnya menyebar dan menyerap air yang dikumpulkan beberapa sentimeter di bawah permukaan tanah. Tumbuhan ini sangat efektif mengumpulakn air sehingga tidak ada tumbuhan lain yang sanggup hidup di dekatnya. Lapisan lilin pada daunnya membantu mengurangi penguapan air.

Tag Search :
tumbuhan gurun,tumbuhan gurun,tumbuhan gurun pasir,tumbuhan gurun sahara,tumbuhan gurun umumnya mempunyai daun,tumbuhan di gurun,tumbuhan di gurun panas,jenis tumbuhan gurun pasir,tumbuhan tempat gurun,tumbuhan di gurun thar,nama tumbuhan gurun pasir tanaman gurun pasir,tanaman gurun pasir,tanaman khas gurun pasir,tanaman yang hidup di gurun pasir,tumbuhan gurun pasir,tumbuhan gurun pasir menyesuaikan diri dengan lingkungannya,tumbuhan gurun pasir menyesuaikan diri dengan lingkungan

Belum ada Komentar untuk "Contoh Jenis Dan Macam Tumbuhan Gurun Pasir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel