Pengertian Definisi Kangkung Dan Morfologinya

Pengertian Kangkung 
Kangkung (Ipomoea aquatica), juga dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir1adalah sejenis tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan di tanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar

Kangkung ini dapat disebut dengan swamp cabbage, water convovulus, water spinach, ini bersal dari india. Kemudian menyebar di aneka macam wilayah.kangkung mrupakan tumbuhan yang tumbuh cepat yang memperlihatkan hasil dalam waktu 4-6 ahad semenjak dari benih kangkung dikenal dengan nama latin ialah Ipomoea Reptans.

Kangkung tergolong sayur yang sangat populer, lantaran banyak peminatnya. Kangkung disebut juga Swamp cabbage, Water convovulus, Water spinach. Berasal dari India yang lalu menyebar ke Malaysia, Burma, Indonesia, China Selatan Australia dan pecahan negara Afrika.

Kangkung termasuk suku Convolvulaceae (keluarga kangkung-kangkungan). 

Kedudukan tumbuhan kangkung dalam sistematika tumbuh-tumbuhan diklasifikasikan ke dalam:
Divisio             :           Spermatophyta
Sub-divisio      :           Angiospermae
Kelas               :           Dicotyledonae
Famili              :           Convolvulaceae
Genus              :           Ipomoea
Species            :           Ipomoea reptans .


Morfologi Kangkung darat dan air

Batang
Kangkung darat mempunyai warna yang bedah daripada batang tanaan kangkung air.kangkung darat mempunyai warnah putih kehijau – hijauan, batang tumbuhan kangkung darat mempunyai ruas – ruas yang lebih besar daripada kangkung yang tumbuh di dalam air.

Daun
Kangkung darat mempunyai daun yang lebih kecil dari pada daun kangkung air, alasannya ialah kangkung air mempunyai daun yang besar dan berwarna hijau pucat, sedangkan daun kangkung darat kecil dan berwarna hijau tua.

Biji
Kangkung darat lebih banyak berbiji dari pada kangkung air. Itu sebabnya kangkung darat diperbanyak lewat biji, sedangkan kangkung air dengan stek pucuk batang.

Akar
Tanaman kangkung mempunyai akar yang berserabut, warna akar kangkung darat lebih terperinci dari pada akar kangkung darat, serta mempunyai akar yang lebih berpengaruh dan lebih panjang dari pada kangkung air.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Definisi Kangkung Dan Morfologinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel