Pengertian Jaringan Sekretori

PENGERTIAN JARINGAN SEKRETORI
Disebut juga kelenjar internal alasannya ialah senywa yang dihasilkan tidak keluar dari tubuh. Penyusun jaringan sekretori ialah :
  • Sel kelenjar, sel minyak dalam endosperma biji jarak
  • Saluran kelenjar, jalan masuk kelenjar pada daun jeruk, senyawa yang dihasilkan ditimbun dalam ruangan penyimpan, contohnya minyak atsiri, lender, dan damar 
  • Saluran getah, sel-sel yang mengalami fusi membentuk suatu system jaringan yang menembus jaringan-jaringan lain dalam tubuh. Sel tersebut berisi getah.

CIRI SEL PENYUSUN JARINGAN SEKRETORI
SEL KELENJAR
Sel kelenjar biasanya di golongkan menurut isi selnya, tetapi beberapa sel kelenjar mengandung gabungan zat-zat, atau mungkin isinya tidak sanggup di identifikasi.Sel kelenjar mengandung subtansi minyak, contohnya pada suku calycanthchaceae, lauraceae,magnoliaceae, simarubaceae, dan winteraceae. Sel-sel ini terdapat pada jaringan dasar batang maupun daun.Pada suku klusiaceae, hipericaceae, Sel kelenjar di sebut sel minyak.Beberapa suku dikotil mengandung resin, yang lain mengandung lender ,misalnya Cactaceae dll. Sel-sel yang berlendir sering mengandung rafida, contohnya pada Aloe sp. Sel yang mengandung enzim Mirosinase sanggup dijumpai pada suku Capparidaceae dll.

RUANG DAN SALURAN SEKRETORI
Ruang dan jalan masuk kelenjar berbeda dengan sel kelenjar alasannya ialah ruang atau jalan masuk dihasilkan dengan beberapa cara:
  • Secara lisigenya itu ruangan antara sel yang terjadi alasannya ialah lisisnya dinding sel, misalnya, Citrus, gossipium.
  • Secara sizogen, ruang yang terjadi alasannya ialah menjauhnya sel yang satu dengan sel yang lain. Misalnya kelanjar minyak pada embrio eucalipetus.
  • Secara sizolisi gen ruang yang terjadi merupakan gabungan tipe lisigen dan sizogen.
Saluran getah ialah sel atau gugusan sel-sel yang bekerjasama mengandung getah yaitu suatu cairan yang berwarna putih memiliki komposisi yang rumit. Saluran getah mungkin sederhana yang berasal dari satu sel, atau berasal dari sel-sel yang mengadakan persatuan pada dinding ujungnya dan lalu dinding sel. Larut disebut jalan masuk getah beruas yang berasal dari satu sel disebut jalan masuk getah tidak bersambung.
  • Sekresi merupakan pelepasan materi dari sel (baik ke permukaan sel tersebut atau ke ruang dalam tumbuhan) maupun akumulasi sekret ke dalam suatu bab sel.
  • Pembentukan struktur sekresi dibedakan secara lisigen(melarutnya sel) dan sizogen(pembelahan sel).
  • Struktur jaringan sekretori terbagi menjadi sekretori intraseluler serta sekretori ekstraseluler.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Jaringan Sekretori"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel