Perbedaan Umbi Batang Dan Umbi Akar

Perbedaan Umbi Batang dan Umbi Akar

Umbi merupakan satu organ dari flora yang merupakan modifikasi dari organ lain dan berfungsi sebagai penyimpan zat tertentu sebagai cadangan energi. Organ yang dimodifikasi sanggup daun, batang atau akar. Bentuk modifikasi ini biasanya ialah pembesaran ukuran dengan perubahan anatomi yang sangat terang terlihat.

Umbi biasanya terbentuk sempurna di bawah permukaan tanah. Tumbuhan memerlukan cadangan energi dalam umbi sebab ia tidak sanggup berpindah tempat untuk menemukan sumber energi baru.


Umbi batang (tuber)Umbi batang ialah batang yang tumbuh di dalam tanah dan ujungnya menggelembung menjadi umbi. Umbi batang tersebut bahu-membahu merupakan cadangan masakan bagi flora itu. Pada permukaan umbi batang tumbuh sisik dan kuncup membentuk mata tunas.


Contoh flora umbi batang antara lain kentang dan ubi jalar. Jika kita menanam umbi batang, maka pada mata tunas akan tumbuh me
njadi tunas muda yang merupakan flora baru. Pada mulanya, tunas muda mengambil masakan dari umbi batang, lalu dari tunas muda itu akan tumbuh akar, batang, dan daun sehingga flora gres sanggup melaksanakan fotosintesis sendiri. Merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi batang, biasanya dihasilkan oleh beberapa spesies Solanaceae dan Asteraceae.

Umbi jalar (tuberous root), Umbi akar ialah akar yang tumbuh membesar sebab berisi cadangan makanan. Jika umbi akar ditanam bersama dengan pangkal batangnya, maka pada pangkal batang itu akan tumbuh tunas. Tunas tersebut merupakan flora baru.

Contoh flora umbi akar antara lain dahlia, wortel, lobak, dan singkong. Merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi akar. Ketela pohon/ubi kayu/singkong dan ubi jalar ialah teladan penghasil umbi akar. Jadi, perbedaannya ialah pada kawasan yang menjadi modifikasi umbi saja, sedangkan fungsinya tidak berbeda jauh.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Umbi Batang Dan Umbi Akar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel