Pengertian Dan Definisi Umbi Umbian

Pengertian Definisi Umbi Umbian
Umbi yaitu salah satu organ tumbuhan yang termodifikasi dari organ lain pada tumbuhan yang berfungsi sebagai daerah penyimpan zat tertentu (pada umumnya karbohidrat). Organ yang dimodifikasi sanggup berupa daun, batang, atau akar. Bentuk modifikasi ini yaitu pembesaran ukuran dengan perubahan anatomi yang sangat terang terlihat. Umbi biasanya terbentuk sempurna di bawah permukaan tanah atau tertanam didalam tanah bersama akar.

Organ penyimpan tidak harus berbentuk umbi. Beberapa jenis tumbuhan menyimpan cadangan energi pada organ yang sama, tetapi tidak mengalami banyak modifikasi bentuk, sehingga tidak membentuk umbi. Tumbuhan memerlukan cadangan energi alasannya yaitu dia tidak bisa berpindah daerah untuk menemukan sumber energi gres atau untuk membantu reproduksi jenisnya.

Umbi merupakan istilah generik (umum). Secara biologi, umbi dibedakan menurut organ dasar yang dimodifikasi.

Umbi lapis (bulbus)
Umbi lapis (bulbus) merupakan umbi yang terbentuk dari tumpukan (pangkal) daun yang tersusun rapat, biasanya dihasilkan oleh famili Alliaceae, amaryllidaceae, dan Liliaceae;

Umbi batang
Umbi batang merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi batang. Umbi batang bisa memunculkan tunas maupun akar, sehingga kerap kali dijadikan materi perbanyakan vegetatif. Umbi batang yang tumbuh di bawah permukaan tanah, membesar, dan mengandung banyak pati disebut sebagai tuber, biasanya dihasilkan oleh beberapa spesies Solanaceae dan Asteraceae.

Umbi akar (tuberous root)
Umbi akar (tuberous root) merupakan umbi yang terbentuk dari modifikasi akar. Ketela pohon yaitu salah satu pola penghasil umbi akar. Umbi akar tidak bisa dijadikan materi perbanyakan. Beberapa organ yang tumbuh di bawah permukaan tanah juga kadang kala disebut umbi, menyerupai rimpang dan geragih.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Definisi Umbi Umbian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel